Himbauan Jelang Ramadhan 1440 H / 2019 M

Dalam hitungan tidak berapa hari lagi,  umat Islam di seluruh dunia akan memasuki bulan suci Ramadhan 1440 H,  bulan Ramadhan adalah salah satu dari 12 bulan Hijriah yang mana  bulan tersebut adalah bulan yang sangat mulia,  yang penuh ampunan dan maghfirah dari Allah SWT,  bulan yang dilipat gandakan seluruh amalan kita. Allah wajibkan kita melaksanakan ibadah puasa didalamnya. Setiap umat Islam sangat bergembira menyambut kedatangan bulan Ramdhan tersebut. Begitu juga di Nagari Panampuang, kebahagian menyambut bulan Ramadhan telah terasa ditengah masyarakat,  terlihat sudah ada sebagian masyarakat yang melaksanakan gotong royong dilingkungan masjid,  Mushala dan lingkungan rumah tempat tinggal.

Sekaitan dengan tersebut,  serta mewujudkan Nagari Panampuang menjadi Nagari Madani. Pemerintahan Nagari Panampuang menghimbau kepada seluruh masyarakat Nagari Panampuang untuk :

1. Melaksanakan Gotong Royong membersihkan Masjid,  Mushala dan lingkungan rumah serta jalan-jalan sekitar terutama jalan menuju tempat ibadah, serta memasang lampu penerangan jalam menuju tempat ibadah.

2. Tidak melaksanakan hura-hura dalam menyambut bulan suci Ramadhan. Seperti pergi balimau atau mandi-mandi bercampurnya laki-laki dan perempuan, karena itu bukan bagian dari ajaran Islam dan norma adat.

3. Selama bulan puasa,  agar ikut meramaikan dan mengimarahkan Mesjid dan Mushala untuk melaksanakan Shalat lima waktu, ibadah tarawiah, mendengar taushiyah dan tadarus sesuai agenda yang telah disusun pengurus Masjid atau Mushala serta memperbanyak ibadah sosial seperti memyantuni anak yatim,  bersedekah kepada fakir miskin dan membukakan orang yang berpuasa.

4. Kepada Remaja Masjid agar melaksanakan semarak bulan ramadhan dengan kegiatan perlombaan bernuansa keagamaan seperti MTQ dan lain sebagainya.

5. Kepada pemilik warung agar tidak membuka warung dan menfasilitasi masyarakat untuk melaksanakan kegiatan yang merusak khusyuknya ibadah ramadhan seperti main domino,  koa atau sejenisnya pada saat umat islam melaksanakan ibadah shalat Magrib sampai selesainya ibadah shalat tarawiah dan witir. Serta tidak membuka dan melayani warung makanan pada siang hari.

6.  Yang terpenting menjaga kesehatan  dengan banyak minum air putih pada saat buka puasa dan saat sahur serta olahraga secukupnya.

Demikian himbauan ini,  semoga ibadah Ramadhan tahun ini menjadikan kita pribadi yang lebih bertaqwa, dan menjadikan ibadah Ramadhan lebih bermakna. Mari kita saling memaafkan agar hati kita bersih dalam menyambut bulan Ramadhan tahun ini.  (ZH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *