Wujudkan Perencanaan Pembangunan yang Partisipatif, BAMUS Nagari Panampuang Laksanakan MUSNA RKP 2020

Bertempat di Aula Kantor Nagari Panampuang, Rabu (26/6) Badan Musyawarah (BAMUS) Nagari Panampuang melaksanakan Musyawarah Nagari (MUSNA) penyusunan Rencana Kerja Pemerintah (RKP) Nagari Panampuang untuk tahun 2020 dan Daftar Usulan Rencana Kerja Pemerintah (DU-RKP) tahun 2021 sebagai bentuk perencanaan pembangunan Nagari Panampuang sebagaimana yang diamanatkan dalam Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa dan Peraturan Bupati Agam Nomor 18 Tahun 2015 tentang Pedoman Penyusuna n RKP Nagari .
Muswarah yang dipimpin oleh Ketua BAMUS Nagari Panampuang Fitrianto, S.Ag , menjelaskan bahwa Musyawarah ini adalah agenda perencanaan yang telah disusun oleh Pemerintahan Nagari dibawah arahan dari Pemerintah Kabupaten Agam, bahwa Musna dilakukan dibulan Juni tahun berjalan untuk perencanaan tahun berikutnya, Musna yang kita lakukan hari ini untuk menyusun perencanaan RKP Nagari tahun 2020 dan DU RKP Nagari tahun 2021, tahapan musna sebelumnya telah dilakukan melalui tahapan Pra Musna ditingkat Jorong. Agenda MUSNA kali ini adalah mencermati ulang kembali RPJM Nagari yang telah disusun oleh Walinagari serta menprioritaskan 3 usulan perjorong, dan sekaligus dalam Musna ini membentuk tim verifikasi yang akan memverifikasi usulan per Jorong yang akan dimasukkan dalam Draft RKP yang akan di Musrenbangkan di bulan September atau Oktober nanti, dan proses MUSNA ini kita memakai prinsip partisipatif keterlibatan seluruh masyarakat dalam perencanaan dan pembangunan Nagari, jelas Fitrianto.
Sementara itu Walinagari Panampuang selaku eksekutor pelaksanaan perencanaan nagari ini berharap usulan yang diajukan oleh masing-masing wilayah agar mempunyai nilai manfaat dan daya guna serta dapat meningkatkan perekonomian dan kesejehteraan masyarakat sesuai dengan arah kebijakan dana desa sebagai sumber keuangan nagari, terutama saat ini isu nasional yang diangkat oleh Pemerintah Pusat bahwa dana desa diharapkan bisa mengurangi angka stunting yang tinggi serta memperhatikan aspek Pengarusutamaan Gender, harap Walingari Panampuang Zulhendra.
MUSNA kali ini diikuti sebanyak 60 orang yang merupakan perwakilan lembaga-lembaga Nagari dan tokoh Masyarakat, hadir juga dalam pembukaan MUSNA ini Camat Ampek Angkek yang diwakili oleh Kasi. Tapem Ir. Rio Armon MM, Pendamping Desa Susilawati ST, serta Anggota DPRD Agam Syaflin S.HI. Anggota DPRD Agam menyampaikan apresiasi yang luar biasa atas antusias masyarakat dalam pelaksanaan MUSNA kali ini, dan beliau akan mengarahkan dana pokok pikirannya ke Nagari Panampuang nantinya, dan berharap agar dana desa yang telah dikucurkan pemeritah pusat agar tepat sasaran dan menghindari segala bentuk penyelewengan yang berakibat nanti akan berurusan dengan APH, tegas Syaflin, S.HI.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *