Walinagari Panampuang Ekpos Sulaman Tarawang Pinjaik Patah di RRI

Selasa (13/8) bertempat di Studio RRI Bukittinggi, Walinagari Panampuang Ekpose Sulaman Pinjaik Patah dalam acara Talkshow, dalam kesempatan itu Walinagari didampingi salah seorang Pengrajin Sulaman Ibuk Amlas. Dalam talkshow tersebut Walinagari memaparkan potensi sulaman tarawang sebagai warisan budaya nenek moyang dan kearifan lokal Nagari Panampuang, dan sebagai produk unggulan Nagari.
Walinagari juga memaparkan dalam talkshow tersebut kebijakan program Pemerintah untuk pengembangan sulaman ini, salah satunya Program Pilot Inkubasi Inovasi Desa Pengembangan Ekonomi Lokal yang dikucurkan oleh Kementrian Desa PDTT, termasuk akan menjadikan sulaman handmade pinjaik patah ini sebagai Produk Unggulan Nagari Panampuang, karna hampir setiap rumah memiliki keahlian dan pamedangan sebagai media menjahit.
Sementara itu, Amlas salah seorang Pengrajin sulaman menjelaskan terkait dengan sejarah sulaman tarawang menggunakan pinjaik patah, filosofis jenis-jenis motif sulaman dan pada kesempatan itu juga diperlihatkan bentuk pamedangan dan jenis jenis kain yang telah dijahit.
Kepala RRI Bukittinggi Lina Rosdini, S.Sos, menyampaikan program ini adalah program dari RRI yang khusus mengangkat tema budaya dan kearifan lokal dari setiap daerah yang ada di Indonesia, khusus RRI Bukittinggi kami angkat tema sulaman tarawang pinjaik patah ini, karena ini adalah kekhasan Nagari Panampuang, apalagi saat ini Walinagari Panampuang sangat intens mengembangkan sulaman ini sebagai keunggulan Nagari Panampuang. Untuk program ini akan kita tayangkan dalam bentuk siaran TV RRI Net yang bisa ditonton diseluruh Dunia di siaran Parabola RRI, Indihome dan RRI PlayGo di Aplikasi Android pada tanggal 19 Agustus 2019 jam 22.00 Malam.
Walinagari berharap siaran ini dapat dilihat oleh Seluruh Masyarakat dan Perantau. Termasuk Pemerintah sendiri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *