Visi dan Misi

VISI DAN MISI NAGARI PANAMPUANG

 VISI

Visi adalah suatu gambaran tentang keadaan masa depan yang diinginkan dengan melihat potensi dan kebutuhan Nagari Panampuang. Penyusunan Visi nagari Panampuang ini dilakukan dengan pendekatan partisipatif, melibatkan pihak-pihak yang berkepentingan di nagari Panapuang seperti Pemerintahan Nagari, Bamus, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Lembaga masyarakat nagari dan masyarakat nagari pada umumnya.

Adapun Visi Nagari Panampuang adalah:  ” Terwujudnya Nagari Panampuang yang Madani, Mandiri dalam Kebersamaan

Makna yang terkandung dalam Visi tersebut adalah:

MADANI

Bahwa Nagari Panampuang yang sejahtera dalam ridha dan ampunan Allah SWT, dengan masyarakatnya menjalankan dan mentaati agama dan syari’at Islam secara kaffah, kesadaran untuk menegakkan hukum dan adat dalam nagari, terhindar dari budaya tahayul bid’ah dan khurafat, terhindar dari penyakit sosial, serta nagari yang mempertahankan falsafah “Adat Basandi Syara’, syara’ basandi kitabullah”  menuju Baldatun Thayyibatun Warabun Gafur”

MANDIRI

Bahwa Nagari Panampuang yang mampu menggali dan memaksimalkan seluruh potensi yang ada baik potensi sumber daya manusia maupun sumber daya alam, yang masyarakatnya terpenuhi kebutuhan hidup layak sebagai manusia yang mulia baik lahir maupun batin dan meningkatnya mutu pelayanan dan perekonomian masyarakat.

KEBERSAMAAN

Menggali seluruh potensi yang ada di Nagari untuk turut serta mewujudkan pembangunan Nagari. Terjalinnya kerjasama yang baik dan hubungan yang harmonis seluruh elemen masyarakat, meminimalisir potensi konflik yang terjadi dalam nagari. Mengoptimalkan seluruh sumber daya manusia dan sumber daya alam. Sesuai falsafah adat “ Dek barek samo dipikua, dek ringan samo dijinjiang, nan elok baimbauan, nan buruak bahambauan. Elok dek awak katuju dek urang. Nan bungkuak katangkai bajak, nan luruih katangkai sapu”

MISI

Selain penyusunan Visi juga telah ditetapkan misi-misi yang memuat sesuatu pernyataan yang harus dilaksanakan oleh nagari agar tercapainya visi nagari tersebut. Pernyataan visi kemudian dijabarkan kedalam Misi agar dapat dioperasionalkan/ dikerjakan. Sebagaimana penyusunan Visi, Misipun dalam penyusunannya menggunakan pendekatan partisipatif dan pertimbangan potensi dan kebutuhan Nagari Panampuang sebagaimana proses yang dilakukan maka Misi Nagari Panampuang adalah:

  1. Meningkatkan tata pelaksanaan Pemerintahan Nagari yang baik, bersih dan transparan sesuai dengan aturan perundang-undangan yang berlaku
  2. Meningkatkan kapasitas dan peran serta tokoh-tokoh agama, adat dan pemuka masyarakat dalam membangun dan mewujudkan Nagari Panampuang yang Madani, Mandiri dalam kebersamaan.
  3. Meningkatkan peran serta seluruh elemen masyarakat dalam pemahaman dan pengalaman nilai-nilai adat dan syara’ dalam kehidupan sehari-hari
  4. Mengembangkan dan memaksimalkan potensi ekonomi, sumber daya alam dan sumber daya manusia untuk terlaksananya pembangunan masyarakat Nagari Panampuang yang makmur dan sejahtera.
  5. Meningkatkan situasi dan kondisi masyarakat yang kondusif, aman, tertib, adil dalam kehidupan masyarakat Nagari Panampuang
  6. Merangkul seluruh elemen masyarakat mulai dari kaum tua sampai kaum muda, dari masyarakat perantau sampai masyarakat yang bertempat tinggal di Nagari serta laki-laki dan perempuan, dengan menawarkan gagasan-gagasan dan fikiran-fikiran yang jernih dan terbuka dengan didasari niat yang tulus dan cita-cita yang mulia membangun Nagari.