Niniak Mamak dan Masyarakat Jorong Bonjo Lahirkan Aturan BUEK AREK Secara Tertulis

Langkah yang dilakukan oleh masyarakat Jorong Bonjo yang diinisiasi oleh Niniak Mamak Bonjo patut diberikan apresiasi, pasalnya setelah melalui musyawarah yang alot dan bertahap, masyarakat jorong Bonjo telah mengeluarkan aturan buek arek perbuatan kampuang secara tertulis.
Hal ini didasari Jorong Bonjo adalah satu wilayah yang letak geografisnya berbatasan langsung dengan jalan Nasional dan Kecamatan tetangga, maka banyak lah orang yang berminat untuk tinggal dan menetap atau tinggal sementara, bahkan untuk membeli tanah di Jorong Bonjo. Melihat dan merasakan kondisi seperti ini kalau dibiarkan dikhawatirkan akan mempengaruhi tatanan kehidupan Masyarakat yang religi dan berfalsafah Adat Basandi Syara’, Syara’Basandi Kitabullah” , maka timbullah inisiatif dari seluruh komponen masyarakat Jorong Bonjo untuk membuat aturan BUEK di Jorong Bonjo.
Adapun aturan BUEK yang dirumuskan oleh Masyarakat Jorong Bonjo meliputi :
1. Orang yang akan mengontrak dan atau orang yang tinggal di Bonjo untuk dipekerjakan.
2. Nikah Siri
3. Orang yang akan menjual Tanah, Mengontrakkan Tanah selain untuk usaha pertanian.
4. Aturan Malakok
5. Tamu, baik menginap di Penginapan yang ada atau rumah warga.
Ini adalah sebuah langkah antisipasi dan tindakan preventif yang bagus yang dilakukan oleh Niniak Mamak, Buek Arek Perbuatan dan seluruh komponen masyarakat Jorong Bonjo, semoga hal ini dapat ditiru dan dijadikan pedoman bagi Jorong lain sehingga akan tercipta Nagari Panampuang yang beradat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *